Kurikulum

Kurikulum Merdeka

Kurikulum merupakan instrumen penting yang berkontribusi untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif. Inklusif tidak hanya tentang menerima peserta didik dengan kebutuhan khusus, tetapi juga berarti satuan pendidikan mampu menyelenggarakan iklim pembelajaran yang menerima dan menghargai perbedaan, baik perbedaan sosial, budaya, agama, maupun suku bangsa.

Kurikulum bersifat dinamis dan terus dikembangkan atau diadaptasi sesuai konteks dan karakteristik murid, demi membangun kompetensi sesuai kebutuhan mereka kini dan di masa depan. Perubahan dan perkembangan yang terjadi begitu cepat saat ini menuntut kita untuk selalu siap beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Keadaan sekolah dan sekitar kita memang berbeda-beda, begitu pula dengan murid-murid. Dengan demikian, pembelajaran yang paling berhasil untuk masing-masing murid boleh jadi tidak sama dan perlu diadaptasi sesuai dengan lingkungan dan kebutuhannya. Artinya ketika merancang kurikulum, kita harus menempatkan kebutuhan, pendapat, pengalaman, hasil belajar, serta kepentingan murid sebagai rujukan utama, karena sejatinya kurikulum dirancang untuk murid. Agar dapat mewujudkan seluruh kompetensi yang diharapkan dari kurikulum, semua pihak harus berusaha secara kolaboratif.

Bentuk adaptasi kurikulum sesuai dengan kebutuhan murid-murid di sekolah dapat diterjemahkan dalam Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), di mana kurikulum memiliki fungsi sebagai pedoman dan acuan dalam pembelajaran, serta bagi guru berfungsi untuk memandu proses belajar murid.

Berdasarkan hal tersebut, maka TK AS SALAM Jatiluhur merancang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) di Tahun Pelajaran 2024/2025. Hal ini juga merupakan bagian dari kesiapan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan diberikan keleluasaan untuk merancang kurikulum sesuai dengan lingkungan (kontekstual) dan berpusat pada anak, yang disusun dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Pijakan pertama anak di dunia pendidikan memiliki tujuan untuk memfasilitasi tumbuh kembang anak secara optimal.

Konsep dan Karakteristik Kurikulum Merdeka PAUD (Fase Fondasi)

TK AS SALAM Jakasampurna juga memberikan program layanan penunjang sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan dikemas dalam event yang menarik, dengan suasana yang berbeda, bekerja sama melalui narasumber langsung, serta mengembangkan minat dan bakat anak. Sekolah juga memberikan kesempatan dan apresiasi melalui berbagai perlombaan.

Kegiatan Penunjang di TK AS SALAM Jakasampurna